Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Darah: Suplemen Terbaik, Makanan & Herbal

  • Health |
  • 17 January 2021 15:08
Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Darah: Suplemen Terbaik, Makanan & Herbal

Dalam artikel ini: pelajari cara meningkatkan kadar oksigen darah secara alami menggunakan suplemen, makanan, herbal, dan metode berbasis bukti lainnya.

Helo.id - Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Darah Dengan Suplemen

Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan oksigen agar berfungsi dengan baik. Sebagai bagian dari mekanisme ini, vitamin dan mineral tertentu diperlukan untuk mengirimkan oksigen ke sel.

Idealnya kamu mendapatkan nutrisi ini dari makanan yang kamu makan. Namun, beberapa orang memiliki kadar yang rendah dan mungkin perlu mengonsumsi suplemen.

1. Pastikan Kamu Mendapatkan Cukup Zat Besi

Zat besi adalah komponen kunci dari hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Penting untuk memastikanmu memenuhi kebutuhan harian zat besi dari makananmu, dan mengonsumsi suplemen zat besi jika diperlukan. Di bawah ini adalah beberapa cara terbaik untuk mendapatkan zat besi dari makananmu, dan beberapa fakta penting yang harus kamu ketahui tentang suplemen zat besi.

Makan Makanan Kaya Zat Besi 

Makanan kaya zat besi terbaik meliputi: tiram, hati ayam, hati sapi, bison, dan daging sapi. Sumber nabati termasuk biji labu, biji chia, biji rami, peterseli, spirulina, dan bayam.

Jika kamu makan pola makan vegan atau vegetarian, kamu mungkin ingin melihat lebih cermat kadar zat besimu. Penelitian menunjukkan bahwa sumber zat besi nabati (besi nonheme) tidak dapat diserap sebaik sumber hewani. Salah satu metode yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C dengan makanan yang mengandung zat besi. 

Suplemen Zat Besi: Lebih Banyak BukanlahLebih Baik

Meski mengonsumsi makanan kaya zat besi, beberapa orang mungkin masih membutuhkan suplemen zat besi. Faktor risiko kekurangan zat besi termasuk pola makan vegan atau vegetarian, kehamilan, menstruasi yang berat, masalah pencernaan, kehilangan darah dan kondisi tertentu.

Saya tahu ini tangan pertama. Kekurangan zat besi saya berlangsung selama beberapa dekade tanpa terkendali. Karena zat besi dalam bentuk penyimpanannya (feritin) tidak diskrining secara rutin saat kamu pergi ke dokter, kadar zat besi yang rendah mungkin terlewatkan.

Saya ingat ini dengan sangat jelas. Kekurangan zat besi mempengaruhi tingkat energi saya sampai-sampai naik tangga membuat saya lelah.

Di sisi lain, mengonsumsi zat besi dalam jumlah berlebihan dari suplemen juga bukan solusi yang baik, karena terlalu banyak zat besi juga dapat menyebabkan masalah. Untuk alasan ini, jika kamu mencurigaimu memiliki kadar zat besi yang rendah, pergi dan temui doktermu dan periksakan tingkatmu. Dengan cara ini kamu tahu apakah kamu membutuhkan suplemen zat besi dan jumlah yang tepat untukmu.

Efek Samping Suplemen Zat Besi

Jika kamu mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen zat besi, pilih sumber alami. Suplemen zat besi sintetis terkenal karena efek sampingnya, terutama masalah pencernaan seperti sembelit.

Contoh yang baik dari suplemen zat besi alami adalah Iron Fuzion yang terbuat dari daun Murraya koenigii organik (pohon Kari).

2. Cordyceps: The Oxygen Mushroom

Saya menemukan bukti tentang jamur obat cordyceps menarik. Terutama kemampuannya meningkatkan penggunaan oksigen dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa Cordyceps dapat meningkatkan pengambilan oksigen ke jaringan, menunda kelelahan dengan meningkatkan kinetika oksigen dan dan meningkatkan volume latihan, terutama pada atlet ketahanan. 

Faktanya, beberapa peneliti percaya bahwa Cordyceps juga dapat berguna dalam kasus Hipoksia, suatu kondisi di mana suplai oksigen berkurang di jaringan untuk mempertahankan fungsi normal. 

Seperti semua tumbuhan dan jamur obat, sumbernya penting. Jika kamu mempertimbangkan cordyceps, yang terbaik adalah mendapatkan milikmu untuk sumber organik yang menjaminnya ditanam di bawah kondisi terbaik, termasuk pengujian pihak ketiga.

Contoh yang baik adalah cordyceps oleh makanan obat.

Klorela, Klorofil & Oksigen

Dalam artikel makanan detoksifikasi teratas saya, kami membahas bagaimana ganggang bersel tunggal bergizi hijau tua ini dapat mengikat dan membantu menghilangkan logam berat dari tubuh.

Hubungannya dengan oksigen? Menurut penelitian, ternyata chlorella juga dapat membantu meningkatkan saturasi oksigen dalam darah. Sebuah studi klinis menunjukkan bahwa penggunaan chlorella selama 4 minggu meningkatkan kapasitas paru-paru oksigen selama latihan pada pria dan wanita muda.

Saya cukup yakin kita akan melihat lebih banyak penelitian di tahun-tahun mendatang yang akan mengeksplorasi lebih lanjut efek chlorella pada pengambilan oksigen dan kinerja olahraga.

Chlorella juga merupakan salah satu sumber klorofil alami tertinggi, pigmen yang memberi warna hijau tua pada tanaman. Klorofil memiliki banyak kesamaan dengan hemoglobin, darah merah yang membawa oksigen ke dalam darah.

Bagaimana Meningkatkan Kadar Oksigen Darah denganMakanan

Diet, saya tahu. Mengapa kita tidak bisa mendapatkan pil ajaib yang membuat segalanya menjadi benar? Nah, sampai hari itu tiba, makanan yang kita makan dan hindari masih memainkan peran kunci dalam setiap aspek Kesehatan kita.

Di bawah ini adalah beberapa makanan penambah oksigen utama yang dapat kamu masukkan dengan mudah ke dalam makananmu:

Makanan yang Meningkatkan Nitric Oxide

Nitric oxide (NO) adalah molekul yang diproduksi secara alami oleh tubuh, yang memainkan peran kunci dalam vasodilatasi.

Sederhananya, oksida nitrat melemaskan otot-otot bagian dalam pembuluh darahmu, menyebabkannya melebar dan meningkatkan sirkulasi. Darahmu bergerak bebas dan dapat mengirimkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuhmu dengan lebih efisien.

Ini adalah mekanisme yang diketahui yang ditargetkan oleh banyak suplemen sebelum latihan, dengan menggunakan bahan yang meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh.

Makan makanan tertentu yang tinggi nitrat makanan, dapat membantu meningkatkan kadar oksida nitratmu juga. Begitu kamu makan makanan ini, tubuhmu dapat mengubah nitrat menjadi oksida nitrat.

Jus Bit 

Selain kandungan nitratnya yang tinggi, bit kaya akan pigmen merah dan kuning yang disebut betalains. Menurut penelitian, betalain dapat meningkatkan ketersediaan oksida nitrat dalam darah dan selanjutnya meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen. 

Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan bahwa jus bit dapat meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh, meningkatkan oksigenasi jaringan otot dan mendukung fungsi mitokondria. 

Dan tidak butuh waktu lama bagimu untuk merasakan efeknya. Satu studi yang meminta pelari rekreasi meminum jus bit selama 3 hari, menemukan bahwa jus bit mampu meningkatkan pengambilan oksigen maksimum dan kecepatan puncak. 

Sumber nitrat makanan yang baik lainnya termasuk sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, selada, dan arugula. 

Kakao Mentah & Cokelat Hitam

Jika kamu membutuhkan alasan untuk menambahkan cokelat hitam ke dalam makananmu, inilah alasan yang bagus. Selain banyak manfaat kesehatannya, flavonoid dalam kakao juga dapat meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh hanya dalam 4 hari. 

Tidak semua produk cokelat dibuat sama.

Cokelat dibuat dari biji dan biji pohon kakao. Sebagian besar cokelat yang Anda lihat di toko diproses secara berat dan kandungan kakao sangat sedikit.

Dalam bentuk alami yang belum diproses, kakao mentah merupakan sumber mineral, antioksidan, dan nutrisi penunjang kesehatan lainnya yang sangat baik. Jadi untuk hasil terbaik, cari kakao organik mentah.

Contoh yang bagus adalah batang pecinta coklat mentah.

Pilihan mudah lainnya adalah menambahkan bubuk kakao mentah ke smoothie, susu kacang, atau minuman kocok sebelum latihanmu. Untuk contoh resep kakao mentah buatan sendiri, lihat: Low Carb Chocolate Mousse.

Hindari Karbohidrat Olahan 

Karbohidratolahan menghasilkan lebih banyak karbon dioksida dan akibatnya, lebih sedikit oksigen yang tersedia. Pilihan makanan yang tidak sehat ini juga dapat menyebabkan crash gula yang terkenal dan membuatmu merasa lelah dan lelah.

Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Darah Dengan Gaya Hidup 

Gaya hidup dapat memainkan peran besar dalam kadar oksigen darahmu. Semakin kamu tetap aktif dan memiliki gaya hidup sehat, semakin baik tubuhmu menggunakan oksigen. Seperti yang mereka katakan, gunakan atau hilangkan.

Berikut adalah beberapa metode berbasis bukti yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan oksigen:

Latihan & Latihan Tingkat

Oksigen & Oksigen

Saat kamu berolahraga, paru-parumu membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh. Ini penting untuk menyediakan energi dan menghilangkan karbon dioksida, produk limbah yang dihasilkan saat kamu menghasilkan energi. Jantung kemudian memompa oksigen ke otot untuk mendukung latihan. 

Dan kita berbicara tentang banyak oksigen. Tergantung pada latihannya, peningkatan kadar oksigen bisa 100 kali lipat lebih tinggi daripada nilai istirahat pada otot rangka yang berkontraksi. 

Dengan demikian, latihan terbaik untuk meningkatkan kadar oksigen darah mungkin berbeda sesuai dengan tingkat kebugaran dan preferensi pribadimu. Pilih aktivitas yang kamu sukai yang dapat kamu lakukan dengan mudah dalam rutinitas harianmu agar berkelanjutan. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, selalu bicarakan dengan doktermu sebelumnya.

 

Apakah Pernapasan Dalam Meningkatkan Darah Oksigen?

Pernapasan Dalam Meningkatkan Oksigen Darah

Mencari cara yang aman dan efektif untuk meningkatkan kadar oksigen darah yang tidak mengharuskan Anda makan, minum, atau bahkan olahraga?

Sekarang saya tidak mencoba mendorong orang untuk tidak aktif, tetapi bukti tentang manfaat potensial pernapasan dalam bagi kesehatan dan kehidupan kita benar-benar luar biasa.

Menurut penelitian, teknik pernapasan dalam yang lambat seperti yang mungkin kamu lihat dalam latihan yoga tradisional, dapat meningkatkan saturasi oksigen dalam darah, menurunkan tekanan darah, dan bahkan mengurangi kecemasan. 

Dan inilah perbedaan besar dibandingkan dengan olahraga. Baik olahraga maupun pernapasan dalam dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Dengan pernapasan dalam, bagaimanapun, kamu meningkatkan saturasi oksigenmu tetapi tidak meningkatkan detak jantungmu.

Tanaman Dalam Ruangan untuk Meningkatkan Oksigen

Tumbuhan memiliki kemampuan untuk menghilangkan karbondioksida dan mengembalikan oksigen ke udara. Itu fotosintesis dasar, saya tahu.

Tapi tahukah kamu bahwa tumbuhan tertentu juga bisa mengeluarkan racun dari udara?

Faktanya, NASA telah melakukan banyak penelitian tentang penggunaan tumbuhan sebagai sistem penyaringan udara alami untuk mendukung hunian luar angkasa jangka panjang.

Saya pribadi memiliki setidaknya 5 tanaman per kamar di rumah saya. Cantik dan fungsional! Karena setiap tanaman dapat mengeluarkan racun yang berbeda, yang terbaik adalah menumbuhkan banyak spesies tanaman hias.






Komentar