5 Cara Unyuk Membantu Memulihkan Keseimbangan Mikrobiomamu

  • Health |
  • 19 February 2021 09:20
5 Cara Unyuk Membantu Memulihkan Keseimbangan Mikrobiomamu

Makan makanan kaya probiotik juga penting. Pilih makanan fermentasi dengan budaya hidup dan aktif,

Helo.id - Setelah rangkaian antibiotikmu selesai, ada lima cara spesifik yang dapat kamu bantu untuk memulihkan keseimbangan normal mikrobiomamu.

1. Mengganti Bakteri Baik

Karena antibiotik memusnahkan bakteri baik dan jahat, hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengkolonisasi ulang ususmu dengan bakteri baik. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, tetapi cara tercepat adalah dengan mengonsumsi suplemen probiotik. Pilih suplemen spektrum luas, dengan setidaknya 10 strain, dan tanpa pengisi tambahan. Renew Life's Ultimate Flora adalah pilihan suplemen yang sangat baik yang tersedia di sebagian besar toko makanan kesehatan. Itu datang dalam kapsul yang berisi 50 miliar kultur hidup, dan untuk rekolonisasi awal, minum 2-3 kapsul setiap hari sangat ideal.

Makan makanan kaya probiotik juga penting. Pilih makanan fermentasi dengan budaya hidup dan aktif, seperti sauerkraut, kombucha, dan kimchi. Hindari yogurt dan kefir kecuali tidak mengandung gula - sebagian besar varietas komersial dari produk ini mengandung sebanyak 20 hingga 30 gram gula per porsi, dan volume gula tersebut menghilangkan potensi manfaat dari beberapa jenis probiotik.

2. Memperbaiki Usus

Meskipun kamu bisa fokus pada hal ini selama pemberian antibiotik, penting untuk terus bekerja pada perbaikan usus dan penyembuhan setelah antibiotik. Kaldu tulang, kolagen, dan bahkan glutamin tambahan dapat membantu memastikan bahwa fungsi pelindung usus tetap utuh.

Makan banyak sayuran juga penting karena serat membantu usus berfungsi normal. Setelah antibiotik, beberapa mungkin mengalami iritasi usus besar atau diare, dan serat yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu memulihkan fungsi usus yang normal.

Meskipun hidrasi penting selama sakit, itu sama pentingnya setelah sakit. Tanpa air yang cukup, usus tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, begitu juga yang lain di dalam tubuh.

3. Dukung Mitokondria

Meskipun kebanyakan orang tidak mengkhawatirkan mitokondria mereka, lebih banyak yang harus diperhatikan! Ini adalah pembangkit tenaga sel, dan ketika pembuat energi kita di dalam sel tidak berfungsi dengan baik, kita tidak akan merasakan yang terbaik. Usus membutuhkan mitokondria untuk memulihkan fungsi yang tepat, seperti halnya sistem kekebalan, sistem pencernaan, dan setiap sel lain di dalam tubuh. Karena antibiotik dapat merusak mitokondria, penting untuk mengganti nutrisi yang mereka butuhkan untuk mendapatkan kembali Kesehatan yang optimal. 

Karena antibiotik dapat merusak mitokondria, penting untuk mengganti nutrisi yang mereka butuhkan untuk mendapatkan kesehatan yang optimal. Nutrisi penting untuk fungsi mitokondria meliputi:

Vitamin B

Zinc

Magnesium

Antioksidan

Nutrisi ini ditemukan berlimpah dalam Paleo diet seimbang, kaya sayuran, buah-buahan, lemak sehat, dan protein.

4. Mencegah Pertumbuhan Bakteri Berlebih

Setelah antibiotik, orang-orang tertentu dapat lebih rentan terkena infeksi jamur atau pertumbuhan bakteri yang berlebihan dari kandida. Ini karena tubuh membutuhkan bakteri baik untuk menjaga agar serangga yang muncul secara alami ini tetap terkendali, dan ketika bakteri itu dimusnahkan, bakteri jahat dapat berkembang biak dengan cepat.

Suplemen probiotik, terutama saccharomyces boulardii, dapat membantu menjinakkan ragi dan mengembalikan keseimbangan yang tepat. Idealnya, strain ini harus dikombinasikan dengan suplemen probiotik strain luas untuk membantu lebih jauh menjajah bakteri menguntungkan umum di usus.

Faktor penting lainnya untuk mencegah atau mengendalikan pertumbuhan bakteri yang berlebihan adalah dengan menghilangkan sumber makanan yang memberi makan strain yang buruk. Gula, tepung olahan, biji-bijian, dan makanan cepat saji semuanya mengandung bahan bermutu rendah yang membantu bakteri jahat berkembang biak dan tidak menutrisi bakteri baik.

5. Mendukung Hati

Jika kamu telah sering atau beberapa kali minum antibiotik selama beberapa tahun, penting juga untuk mendukung kesehatan hati. Penelitian telah menunjukkan bahwa antibiotik adalah salah satu sumber paling ampuh untuk kerusakan hati akibat obat. 

Hati adalah organ internal terbesar, bertanggung jawab tidak hanya untuk detoksifikasi, tetapi juga untuk memecah hormon lama, memproduksi kolesterol, mensintesis vitamin D, dan membantu memproduksi cairan pencernaan.

Tanpa hati, kita tidak bisa bertahan hidup. Mulailah dengan diet kaya antioksidan dan lemak omega-3 yang sehat. Sayuran yang memiliki jumlah sulfur lebih tinggi - seperti brokoli, kubis Brussel, kubis, dan kembang kol - membantu hati dalam detoksifikasi tetapi juga mengandung nutrisi untuk melindunginya dan membantunya memperbaiki.

Intinya: Bahkan jika kamu perlu minum antibiotik, mungkin saja untuk meminimalkan efek samping dan kerusakan. kamu dapat melakukannya dengan menjalani gaya hidup yang meningkatkan kesehatan usus dan menghindari makanan cepat saji seperti gula rafinasi dan lemak trans.

Sementara antibiotik memiliki manfaat kesehatan yang vital dalam situasi tertentu, mereka juga mengubah mikrobioma dan dapat mengubah usus bahkan setelah satu dosis.






Komentar