•   June 13
Health

Tips Diet Menggunakan Yogurt

( words)

Diet menggunakan yogurt boleh dicoba

Helo.id - Yogurt merupakan salah satu makanan yang bisa bikin badan kalian menjadi sehat. Makanan yang berasal dari hasil fermentasi susu ini, bahkan diyakini bisa dijadikan sebagai solusi diet dan menurunkan berat badan. Cara mendapatkannya pun mudah, karena sudah tersedia di supermarket atau minimarket.

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang difermentasi oleh bakteri penghasil asam laktat. Kendati memiliki komposisi mikronutrien yang hampir sama seperti susu, kadar protein, vitamin, dan mineral di dalam yoghurt lebih tinggi. Yoghurt rendah lemak takaran 240 mL mengandung 50 persen lebih banyak kalium, kalsium, dan magnesium daripada susu rendah lemak.

Meskipun mempunyai banyak kandungan gizinya, ada hal yang harus perlu kamu perhatikan. Karena, tidak semua yogurt yang biasa dijual di pasaran itu bisa kamu gunakan sebagai media untuk diet ya. Karena, ada beberapa yogirt yang justru mengandung pemanis buatan dan kadar gula tinggi yang tidak baik bagi tubuh.

Karena itu, hasil diet yang maksimal, simak dulu ulasan seputar yoghurt untuk diet berikut ini.

Pintar memilih sajian yogurt untuk menurunkan berat badan dan diet

Ada banyak varian produk yogurt yang tersedia di pasaran, seperti yogurt susu sapi, yogurt susu kedelai, yogurt susu almond, dan yogurt santan kelapa. Kalian hanya tinggal pilih saja mau yogurt yang sesuai dengan selera.

Namun yang harus diperhatikan, periksa dengan saksama label kemasan untuk memastikan kandungan gula dan kalorinya. Karena ada jenis yogurt yang biasanya mengandung banyak gula dan kalori, seperti yogurt susu kedelai.

Kalaupun kalian ingin mendapatkan rasa manis, kalian bisa menyajikan yogurt dengan potongan buah. Meskipun begitu, tetap hindari mengonsumsi yogurt dengan rasa buah atau potongan buah di dalamnya, karena umumnya produk tersebut mengandung kadar gula yang tinggi.

Selain itu, pastikan juga yogurt yang kalian beli itu merupakan yogurt yang menyehatkan, yakni yang kandungan proteinnya lebih tinggi daripada kandungan gula di dalamnya. Kemudian, pastikan juga mengandung kalsium, vitamin D, serta bakteri hidup dan aktif, seperti probiotik, dengan jumlah yang mencukupi. Idealnya, yogurt mengandung vitamin D sebagai bagian penting dari kebutuhan kalsium harian Anda. Kandungan vitamin D akan tertulis dalam bentuk persentase (% DV) pada label kemasan yogurt.

Menyimpan dan mengonsumsi yogurt untuk diet

Menyimpan produk yogurt untuk program diet ternyata tidak bisa sembarangan. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kandungan bakteri yang ada dalam produk yogurt. Untuk itu, simpanlah yogurt di lemari pendingin setelah membelinya. Ini untuk menjaga bakteri yang ada di dalam yogurt tersebut.

Selain itu, lindungi produk yogurt dari makanan lain yang berbau menyengat dengan membungkusnya secara rapi, supaya kandungan dalam yogurt tidak hilang. 

Ketika kalian ingin mengonsumsi yogurt, ambil yoghurt secukupnya ke dalam mangkuk dengan menggunakan sendok yang bersih. Habiskan yogurt dalam 3 hari setelah kemasan dibuka.

Untuk menghindari kontaminasi bakteri yang akan mempercepat pembusukan, jangan mengembalikan sisa yogurt yang tidak dimakan ke wadah aslinya. Dan juga, perlu kalian hindari membekukan yoghurt, karena pembekuan akan memengaruhi tekstur dan rasa.

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, konsumsi yogurt untuk diet dalam porsi yang sesuai dan tidak berlebihan. Dianjurkan untuk mengonsumsi yogurt sebanyak satu atau dua kali dalam sehari. 

Adapun jumlah yogurt yang disarankan dalam sehari adalah 100-200 gram. Untuk orang dewasa, yogurt yang aman dikonsumsi sebanyak 200-450 ml setiap harinya. Kalian bisa menyajikannya untuk sarapan pagi atau sajian camilan siang hari saat beraktivitas di kantor. Menambahkan yogurt dalam berbagai kreasi resep makanan atau minuman juga bisa menjadi pilihan menikmati yogurt untuk diet.

TAG : Kesehatan

Artikel Menarik Lainnya

Komentar