•   August 15
Health

Sering Digunakan Untuk Masakan Timur Tengah, Beras Basmati Ternyata Memiliki Beragam Manfaat

( words)

Sering Digunakan Untuk Masakan Timur Tengah, Beras Basmati Ternyata Memiliki Beragam Manfaat

Helo.id - Basmati adalah varietas beras aromatik panjang berbutir ramping yang secara tradisional ditanam di India, Pakistan, dan Nepal. Pada 2018-19, India menyumbang 65% dari perdagangan internasional beras basmati, sementara Pakistan menyumbang 35% sisanya. Banyak negara menggunakan tanaman padi basmati yang ditanam di dalam negeri; namun, basmati secara geografis eksklusif untuk distrik tertentu di India, Nepal dan Pakistan.

Menurut badan Pemerintah India APEDA, varietas padi memenuhi syarat untuk disebut Basmati jika memiliki panjang beras giling rata-rata minimum 6,61 mm dan lebar beras giling rata-rata hingga 2 mm, di antara parameter lainnya.

Sementara itu, beras basmati cokelat mengandung lebih banyak kalori, karbohidrat, dan serat, tetapi tetap kaya protein, vitamin, mineral dan tanpa lemak. Beras basmati putih maupun cokelat juga mengandung berbagai mineral seperti zat besi, kalium, seng, dan fosfor.

Mengingat kandungan nutrisi yang dimilikinya, beras basmati pun diperkaya dengan sederet manfaat kesehatan. Beragam khasiat atau manfaat yang bisa diperoleh dari beras basmati adalah sebagai berikut, yaitu.

1. Menjaga kesehatan jantung

Beras basmati putih memiliki kandungan arsenik yang lebih rendah dibandingkan dengan beras lainnya. Arsenik adalah logam kuat yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Beras basmati cokelat kemungkinan memiliki kadar arsenik yang lebih tinggi sebagaimana beras berwarna cokelat pada umumnya.

Selain kandungan arsenik dalam beras yang rendah, kandungan serat pada beras basmati juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Kedua kondisi tersebut bisa mengarah pada penyakit jantung.

2. Mengontrol kadar gula darah

Beras basmati adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik bagi setiap orang. Seperti disebutkan dalam studi Food Chemical, beras basmati cokelat memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan beras putih. Artinya, proses pencernaan beras menjadi glukosa berlangsung lebih lambat sehingga bisa menjaga kadar gula darah agar tidak cepat naik. 

Berkat khasiat tersebut, beras basmati pun lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sementara untuk Anda yang sehat, beras basmati bisa membantu mencegah risiko diabetes tipe 2. Pilihan Beras dan Sumber Karbohidrat Sehat Pengganti Nasi untuk Diabetes

3. Mencegah konstipasi

Kurangnya asupan serat pada tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan, salah satunya adalah konstipasi. Kandungan serat pada basmati dapat membantu mengoptimalkan kebutuhan serat harian sehingga Anda terhindar dari sembelit.

Jenis serat yang terkandung dalam beras basmati adalah serat yang mudah larut. Alhasil, serat bisa membantu memecah makanan sampai lebih halus di saluran cerna. Untuk memperoleh manfaat serat yang lebih maksimal, Anda bisa makan beras basmati cokelat.

4. Mengurangi risiko kanker

Jika Anda memilih beras basmati sebagai sumber karbohidrat harian, Anda bisa memperoleh manfaat lebih. Dibandingkan beras lainnya, beras basmati terbentuk dalam gandum utuh sehingga kandungan seratnya lebih tinggi. 

Mengonsumsi menu makanan yang berserat tinggi dapat mengurangi risiko munculnya kanker kolorektal yang menyerang usus besar dan rektum. Selain itu, selenium yaitu zat antioksidan pada beras basmati juga dapat mencegah terjadinya kanker yang disebabkan oleh kerusakan DNA sel.

5. Mengoptimalkan kerja otak

Beras basmati mengandung tiamin yang merupakan vitamin B1. Jenis vitamin dalam beras basmati ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Jika Anda kekurangan vitamin B1 bisa meningkatkan risiko demensia. Nah, konsumsi 100 gram beras basmati setidaknya dapat mencukupi 22% kebutuhan vitamin B1 harian Anda. Beragam Tanda Kekurangan Vitamin B1 yang Kerap Diabaikan

6. Membantu memenuhi asupan vitamin

Beras basmati yang dijual dipasaran mungkin melalui tahapan pemosresan terlebih dulu untuk menambahkan kandungan nutrisi. Proses ini melibatkan penambahan vitamin dan mineral, seperti zar besi, asam folat atau vitamin B kompleks, tiamin, dan niasin. Vitamin dan mineral ini berperan penting dalam meningkatkan metabolisme dan fungsi organ. Maka dari itu, manfaat mengonsumsi beras basmati dapat melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.

TAG : HealthKesehatanManfaat

Artikel Menarik Lainnya

Komentar