•   December 7
Ragam

Selain Sedap Dinikmati Langsung, Bawang Bombay Berkhasiat Besar Bagi Kesehatan!

( words)

Bawang tumbuh di bawah tanah sebagai umbi dan termasuk dalam keluarga sayuran allium, yang juga termasuk daun bawang dan bawang putih

Helo.id -  

Rasa bawang yang tajam menjadikannya bahan pokok dalam resep klasik mulai dari sup mie ayam hingga bolognese daging sapi hingga salad nicoise. Tapi bau bawang bukanlah satu-satunya hal yang memberi mereka status superhero. Manfaat nutrisi bawang adalah kekuatan super rahasia mereka. Saatnya mengupas lapisan pada sayuran ini.

Apa Itu Bawang, Tepatnya?

Bawang tumbuh di bawah tanah sebagai umbi dan termasuk dalam keluarga sayuran allium, yang juga termasuk daun bawang dan bawang putih (yang juga memiliki banyak manfaat kesehatan). Bawang kuning adalah varietas yang paling umum ditanam di Amerika Serikat, tetapi bawang merah dan bawang putih juga banyak tersedia di sebagian besar toko bahan makanan. kamu bisa makan bawang mentah, dimasak, atau dikeringkan.

Bawang terkenal karena membuat orang menangis, dan efeknya yang menyebabkan air mata berasal dari reaksi enzim yang memicu pelepasan gas yang mengiritasi kelenjar lakrimal yang menghasilkan air mata untuk mata kamu. Inilah mengapa mereka layak untuk menangis.

Manfaat Kesehatan Bawang Merah

Diet kaya buah dan sayuran telah terbukti mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes, kata Rui Hai Liu, MD, Ph.D., profesor ilmu makanan di Universitas Cornell. (Plus, penelitian menunjukkan bahwa mereka juga membuat kamu lebih bahagia.) " kamu harus makan berbagai macam buah dan sayuran, termasuk bawang, sebagai bagian dari diet sehat," katanya.

Bawang mengandung senyawa yang disebut fenolat yang bertindak sebagai antioksidan untuk memadamkan aktivitas radikal bebas yang merusak, kata Dr. Liu. Omong-omong: Lapisan terluar bawang memiliki antioksidan paling banyak, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology. 

Selain itu, bawang bombay adalah sayuran yang murah dan nyaman yang dapat membantu kamu memenuhi target harian yang direkomendasikan yaitu sembilan hingga 13 porsi buah dan sayuran—tujuan yang sulit bahkan ketika kamu berusaha sangat keras. “Bawang mudah didapat dan mudah disimpan,” katanya. "Kamu bisa memakannya mentah atau memakannya dimasak." (Cobalah resep diet nabati sehat lainnya ini untuk setiap makan sepanjang hari.)

Berikut manfaat bawang bombay yang harus kamu ketahui:

Mengurangi resiko kanker payudara. Dalam sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, wanita yang makan bawang merah dan bawang putih paling banyak lebih kecil kemungkinannya terkena kanker payudara daripada wanita yang makan lebih sedikit allium beraroma. Senyawa dalam bawang seperti S-allylmercaptocysteine ​​dan quercetin dapat menghambat penyebaran sel kanker.

Jaga agar gula darah kamu tetap stabil. Orang yang makan bawang merah dan bawang putih paling banyak memiliki penurunan risiko resistensi insulin, saran penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Herbal Medicine. Fungsi insulin yang sehat dapat membantu kamu mengontrol gula darah dan mencegah diabetes tipe 2.

Bantu kulit kamu. Orang yang makan banyak bawang merah dan bawang putih memiliki 20 persen penurunan risiko kanker kulit melanoma dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients. (Kacang-kacangan, minyak zaitun, dan telur juga bersifat protektif.)

Lindungi usus besar kamu. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Clinical Oncology, orang yang paling banyak mengonsumsi allium memiliki peluang 79 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal dibandingkan mereka yang makan paling sedikit.

Lindungi jantung dan ginjal kamu dari kerusakan. Selama studi enam tahun di Journal of Hypertension, orang yang makan bawang merah paling banyak dan allium lainnya memiliki 64 persen penurunan risiko penyakit kardiovaskular, 32 persen penurunan risiko penyakit ginjal kronis, dan 26 persen penurunan risiko tinggi. tekanan darah.

Lindungi suara kamu. Makan bawang dapat membantu kamu mengurangi risiko kanker kepala dan leher, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Molecular Nutrition and Food Research. Orang yang makan lebih dari tiga porsi bawang per minggu memiliki 31 persen penurunan risiko kanker laring dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit.

Cara Menggunakan Bawang

Tergantung pada jenis bawangnya, kamu dapat melakukan banyak hal kreatif dan lezat dengan cepat dan sederhana, kata Elizabeth Shaw, MS, RDN, pakar nutrisi nasional dan penulis. (Lihat beberapa resep bawang dan daun bawang yang sehat di sini.)

Tambahkan irisan ke salad. Iris bawang merah super tipis (kurang dari 1/8 inci) dan tambahkan ke salad 

Tumis mereka untuk sup. Bawang kuning sangat cocok untuk sup, cabai, dan saus, seperti Shaw's Instant Pot Chicken Taco Soup. "Untuk benar-benar mendapatkan rasa yang kamu cari, kamu harus menumisnya terlebih dahulu sebelum menambahkan resep utama," kata Shaw. "Cukup tambahkan satu sendok makan minyak zaitun ke wajan kamu, masukkan bawang bombay dan masak sampai transparan."

Potong dadu. Cincang halus bawang putih dan tambahkan ke salad pasta, guacamole, dan saus, saran Shaw.

Panggang atau panggang mereka. Cukup tambahkan sedikit minyak zaitun dan garam dan merica untuk membumbui, kata Shaw. Dia merekomendasikan metode memasak ini sebelum menaruh bawang pada sandwich sayuran yang dimuat pada khususnya.

Acar Bawang Merah Cepat oleh Erin Shaw

Bahan

2 bawang merah besar

2 cangkir cuka putih

1 cangkir gula

2 sendok tehhalal garam

merica1 sendok makan

Arah

Iris bawang bombay menjadi irisan super tipis, 1/8 inci atau kurang.

Rebus 2 cangkir cuka putih dengan 1 cangkir gula sampai larut.

Angkat dari api dan masukkan ke dalam stoples kaca besar.

Tambahkan 2 sendok teh garam halal, 1 sendok makan atau lebih merica, dan bumbu lain yang kamu suka, seperti jalapenos.

Taburi dengan bawang bombay dan kencangkan toples kaca. Simpan di lemari es minimal 24 jam sebelum dinikmati. (PS inilah cara mengasinkan sayuran atau buah dalam beberapa langkah mudah.)

Artikel Menarik Lainnya

Komentar