•   January 27
Health

Tak Hanya Rasanya yang Lezat, Namun Oyster Juga Menyimpan Segudang Manfaat

( words)

Tak Hanya Rasanya yang Lezat, Namun Oyster Juga Menyimpan Segudang Manfaat

Helo.id - Tiram adalah sekelompok kerang-kerangan dengan cangkang berkapur dan relatif pipih. Tiram sejati adalah semua bivalvia yang termasuk keluarga Ostreidae. Namun, nama tiram dipakai pula untuk beberapa hewan lain di luar kelompok itu.

Bukti mengenai konsumsi tiram pada manusia telah terjadi sejak zaman purba dengan ditemukannya sampah dapur yang berupa cangkang tiram. Temuan ini terbanyak berada di pantai dan diperkirakan tiram merupakan sumber daya yang melimpah ketika itu dan menjadi makanan utama penduduk pesisir.

Di belahan utara dunia, tiram paling aman dimakan ketika suhu udara mulai dingin, yaitu pada musim gugur hingga musim dingin. Karena tiram lebih mudah rusak akibat patogen ketika suhu udara hangat. Anda yang suka makan seafood pasti tahu kalau tiram (oyster) termasuk makanan yang berkualitas tinggi, sehingga tidak heran jika harganya fantastis. 

Namun, tak hanya mewah, tiram juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Pastinya, berbagai kandungan gizi tersebut memiliki fungsinya masing-masing dalam menjaga kesehatan atau fungsi kerja organ-organ tubuh Anda, yaitu.

1. Membantu mengisi vitamin dan nutrisi yang hilang

Bagi orang-orang yang sudah mulai memasuki usia lanjut, mereka lebih rentan mengalami kekurangan beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin D, zinc, dan zat besi. Hal tersebut bisa terjadi baik karena kurangnya asupan makanan yang memiliki kandungannya maupun kemampuan tubuh yang berkurang dalam menyerap beberapa nutrisi penting.

Padahal, ketiganya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Zinc misalnya, dapat mencegah degenerasi makula yang banyak terjadi pada lansia. Sedangkan, vitamin D dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Maka dari itu, kebutuhan akan asupan zat gizi tersebut harus dipenuhi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi tiram.

2. Membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh

Manfaat selanjutnya, tiram bisa bantu meningkatkan kekebalan tubuh, lho! Ini karena kandungan zinc dalam tiram termasuk tinggi, dengan angka 90,8 miligram pada setiap 100 gramnya. Zinc memiliki peran yang penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Dilansir National Health Institute, zinc bisa membantu mengurangi durasi flu biasa bila dikonsumsi sebagai suplemen. Nah, Anda sebenarnya tak perlu mengonsumsi suplemen. Sebab, asupan zinc dari makanan seperti tiram sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

3. Membantu menjaga kesehatan jantung

Manfaat ini bisa Anda dapatkan berkat kandungan lemak omega-3 dan kalium yang ada dalam tiram. Omega-3 yang ditemukan pada makanan laut dapat memberikan kebaikan untuk kesehatan jantung serta mencegah kematian dari penyakit jantung. Omega-3 bekerja dengan menurunkan kadar trigliserida, mengurangi pembekuan darah, serta mengurangi detak jantung yang tidak teratur.

Sementara itu, mineral kalium bisa menjaga tekanan darah normal. Kalium juga bekerja dengan mengurangi efek sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, kalium bantu membuat otot-otot pada pembuluh darah menjadi lebih rileks.

4. Membantu jaga berat badan

Tiram mengandung lemak yang sedikit, tapi pada saat yang sama memiliki kandungan proteinnya lebih tinggi. Bila dibandingkan dengan jenis makronutrien lainnya, protein merupakan jenis yang paling mengenyangkan. Asupan protein yang lebih tinggi dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga dapat menahan Anda dari makan berlebihan.

Hal ini dibuktikan banyak penelitian, termasuk di Nutrition Journal pada 2014. Pada penelitian tersebut, orang-orang yang makan camilan berprotein tinggi merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit daripada yang makan camilan tinggi lemak. Ingat, bila Anda ingin menurunkan berat badan, barengi juga kebiasaan pola makan sehat serta olahraga yang rutin.

5. Membantu mencegah anemia defisiensi besi

100 gram tiram mengandung 6,7 miligram zat besi yang mungkin jumlahnya tak seberapa bila dibandingkan dengan makanan sumber zat besi lain. Namun, kandungan ini tetap penting dan bisa bantu mencegah anemia defisiensi besi. Tubuh sangat membutuhkan zat besi untuk membentuk hemoglobin dan myoglobin, protein yang membawa oksigen untuk seluruh sel-sel tubuh.

TAG : Kesehatan

Artikel Menarik Lainnya

Komentar