•   December 9
Health

Selain Menjadi Menu Sarapan Andalan, Oatmel Ternyata Mempunyai Beragam Manfaat

( words)

Selain Menjadi Menu Sarapan Andalan, Oatmel Ternyata Mempunyai Beragam Manfaat

Helo.id - Havermut atau oatmeal  adalah sejenis tepung kasar yang terbuat dari haver yang sudah dikupas. Tepung kasar ini dapat dibuat menggunakan teknik giling, potong atau dipipihkan/tumbuk. Havermut pipih dapat dimakan mentah, sebagaimana muesli, ataupun dimasak terlebih dahulu dengan air atau susu untuk membuat bubur. 

Di beberapa negara, havermut pipih dimakan mentah atau dipanasi bersama susu dan gula, kadang juga ditambah dengan kismis, seperti membuat hidangan basic muesli. Havermut sering digunakan sebagai bahan utama dalam sereal sarapan granola (havermut panggang dicampur dengan gula atau kacang-kacangan dan juga kismis) dan bahan utama pembuatan batang granola.

Havermut pipih juga digunakan sebagai bahan untuk membuat kukis havermut, kue havermut, atau kudapan berbahan dasar havermut lainnya. Havermut juga dapat digunakan pada makanan sebagai sekadar hiasan, seperti ditaburkan di atas makanan. 

Havermut juga dapat dipakai sebagai bahan pengental. Sup daging dan sayur ala Arab dan Mesir menggunakan havermut untuk mengentalkan kuahnya. Adakalanya havermut juga ditambahkan pada campuran meatloaf sebagai sumber serat yang murah.

Oat berbeda dengan gandum. Oat diolah dalam bentuk utuh dengan tetap mempertahankan serat dan kulit arinya sedangkan gandum diolah dalam bentuk tepung untuk membuat roti, kue, dan sebagainya. Jika dilihat dari kandungannya, oatmeal mampu menyediakan energi yang cukup. 

Oleh karena itu, semangkuk oatmeal saat sarapan dapat membantu Anda memulai hari dengan semangat dan penuh energi. Selain memenuhi kebutuhan energi, oatmeal juga memiliki sejumlah manfaat penting bagi tubuh. Yuk simak penjelasannya berikut ini, yaitu.

1. Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat oatmeal yang pertama adalah membantu menurunkan kolesterol. Hal ini karena oatmeal kaya akan serat larut. Serat larut berperan dalam menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol “jahat” yang merupakan salah satu pemicu serangan stroke dan jantung.

Menurut Anne Whitehead dalam jurnal yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, serat larut pada oatmeal mengandung zat beta glucan. Beta glucan pada oatmeal inilah yang efektif menurunkan kolesterol dalam darah.

2. Membantu menjaga kesehatan jantung

Oatmeal mengandung avenanthramide, yakni zat antioksidan yang mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli kardiologi di Taipei menyimpulkan bahwa konsumsi oatmeal secara rutin sangat membantu pemulihan kondisi pasca serangan jantung.

3. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Manfaat oatmeal selanjutnya adalah mencegah hipertensi. Hal ini karena oatmeal kaya akan serat dan antioksidan serta rendah natrium. Sodium adalah salah satu zat yang perlu dihindari oleh penderita hipertensi. Zat ini biasanya terdapat pada garam dapur dan penyedap rasa. Oleh karena itu, selain mengonsumsi oatmeal, penderita hipertensi sebaiknya juga mengurangi konsumsi garam.

4. Menurunkan risiko diabetes

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi oatmeal akan sangat bermanfaat dalam membantu mengontrol gula darah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi Université de Lyon di Perancis, oatmeal terbukti efektif menurunkan glukosa dalam darah dan memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh.

5. Membantu menurunkan berat badan

Khasiat oatmeal berikutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan serat larut pada oatmeal mampu memberikan efek kenyang lebih lama. Beta glucan pada oatmeal dapat memicu hormon kenyang sehingga Anda tidak makan secara berlebihan. Selain itu, karbohidrat yang terdapat pada oatmeal dapat menyuplai energi yang cukup sehingga Anda tidak merasa lesu meskipun sedang diet.

6. Membantu merawat kulit

Selain sebagai menu makanan, ternyata oatmeal juga dapat dimanfaatkan sebagai skin care. Anda dapat membuat lulur atau masker yang terbuat oatmel dengan cara menghaluskannya, memasaknya hingga mendidih lalu membalurkannya ke permukaan kulit. Selain itu, Anda juga dapat mengatasi berbagai penyakit kulit dengan cara mandi oatmeal. Selain untuk merawat kulit, oatmeal ternyata juga dapat diolah menjadi gel pencukur dan bahan untuk shampoo.

7. Menurunkan risiko penyakit asma pada anak

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti dari National Institute of Health and Welfare di Helsinki, Finlandia, pemberian oatmeal pada anak sebelum memasuki usia 5 tahun akan mengurangi resiko penyakit asma dan rhinitis alergi. Para ahli tersebut menyarankan agar oatmeal mulai diperkenalkan sejak anak berusia 6 bulan berupa bubur lunak sebagai makanan pendamping ASI.

8. Mengatasi gangguan pencernaan pada manula

Manfaat berikutnya dari oatmeal adalah menyediakan zat-zat seperti vitamin B-6, vitamin B-12 dan folat yang dapat mencegah gangguan pencernaan, terutama pada manula. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para pakar gizi dari University of Vienna, Austria. Manula yang mengonsumsi oatmeal secara rutin dapat terbebas dari ketergantungan pada obat-obatan pencahar.

TAG : Kesehatan

Artikel Menarik Lainnya

Komentar