•   December 9
Health

Selain Menjadi Pengganti Makanan Pokok, Sagu Juga Menyimpan Segudang Manfaat Lainnya

( words)

Selain Menjadi Pengganti Makanan Pokok, Sagu Juga Menyimpan Segudang Manfaat Lainnya

Helo.id - Sagu adalah tepung atau olahan yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia atau "pohon sagu" (Metroxylon sagu Rottb.). Tepung sagu memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan tepung tapioka. Dalam resep masakan, tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka sehingga namanya sering kali dipertukarkan, meskipun kedua tepung ini berbeda.

Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua yang tinggal di pesisir. Sagu dimakan dalam bentuk papeda, semacam bubur, atau dalam olahan lain. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. Selain itu, saat ini sagu juga diolah menjadi mi.

Sebagai sumber karbohidrat, sagu memiliki keunikan karena diproduksi di daerah rawa-rawa (habitat alami rumbia). Kondisi ini memiliki keuntungan ekologis tersendiri, walaupun secara ekonomis kurang menguntungkan (menyulitkan distribusi).

Sagu memang tidak banyak memiliki kandungan vitamin dan mineral, tetapi Anda masih bisa menemukan sedikit kandungan keduanya dalam sagu. Selain itu, walaupun sagu tergolong bukan makanan yang rendah kalori dan sumber protein dan serat yang baik, kandungan lemak jenuh pada sagu terbilang sangat sedikit.

Nah, hal ini membuktikan, jika dilihat secara keseluruhan, kandungan nutrisi dalam sagu masih tergolong relatif lengkap walaupun jumlahnya tidak banyak. Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam sagu, berikut beberapa manfaat sagu untuk kesehatan yang harus Anda ketahui, yaitu.

1. Memberikan banyak energi

Kandungan karbohidrat dalam jumlah banyak di dalam sagu bisa menjadi alternatif yang sangat baik sebagai suplemen alami penambah energi dalam tubuh. Sebagai contoh, tubuh Anda membutuhkan banyak energi untuk relaksasi setelah melakukan olahraga yang berat.

Nah, sagu ini memiliki manfaat untuk membantu Anda mengisi kembali energi yang hilang. Bahkan, sagu dapat meningkatkan produksi glukosamin alami dalam tubuh yang dapat memperbaiki keseluruhan pergerakan sendi dan pemulihan di sekitarnya. Oleh karena itu, sagu dapat menjadi pilihan makanan untuk atlet atau orang yang aktif secara fisik.

2. Mencegah penyakit jantung

Kadar kolesterol tinggi dan trigliserida merupakan dua faktor risiko dari penyakit jantung. Jika dibandingkan dengan tepung tapioka, sagu dapat membantu mempertahankan kadar kolesterol dan trigliserida dalam batas wajar dalam darah. Oleh sebab itu, mengonsumsi sagu dapat membantu Anda mencegah penyakit jantung.

Pasalnya, sagu memiliki kandungan amilose, sejenis pati dengan rantai glukosa yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Hal ini membuat rantai glukosa melepas gula ke dalam tubuh dengan jumlah yang lebih terkontrol. Dengan begitu, kadar kolesterol dan trigliserida terjaga tetap normal.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 juga membuktikan bahwa mengonsumsi amilose dapat memberikan manfaat untuk menurunkan kolesterol dan lemak dalam darah. Bahkan, kandungan amilose pada sagu juga dapat mengontrol kadar gula darah.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Mengonsumsi sagu juga memiliki manfaat untuk perbaikan keseluruhan sistem pencernaan. Sejak dulu, banyak orang yang menggunakan sagu untuk menyembuhkan berbagai penyakit pencernaan, seperti kembung, sembelit, asam lambung, maag, dan gangguan pencernaan lainnya.

Pasalnya, sagu memiliki kandungan serat. Meski hanya dalam jumlah sedikit, kandungan serat tersebut memiliki manfaat untuk mempercepat proses pencernaan, sehingga membantu menyeimbangkan bakteri pada usus.

Selain itu, sagu juga meningkatkan produksi enzim pencernaan dan pergerakan usus secara keseluruhan dengan melindungi agar usus tidak kering. Itu sebabnya, biasanya dokter meresepkan sagu untuk pasien penyakit gastroenteritis atau muntaber, karena memberikan efek menenangkan dan mendinginkan perut dari rasa sakit.

4. Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Meski kandungan mineral dalam sagu tergolong sedikit, tetapi Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari zat besi, kalsium, dan tembaga dari mengonsumsi salah satu makanan pokok ini. Kandungan mineral dalam sagu ini memiliki manfaat dalam perbaikan tulang dan persendian.

Oleh sebab itu, tak heran jika mengonsumsi sagu dapat mencegah terjadinya osteoporosis karena efeknya dalam meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang Anda. Tak hanya itu, sagu juga memiliki khasiat untuk meningkatkan produksi glukosamin yang memengaruhi kepadatan tulang, fleksibilitas, dan gerakan sendi.

Kadar glukosamin yang meningkat ini dapat menyebabkan peningkatan produksi cairan sinovial dalam jumlah kecil antara selubung sendi dan tendon. Hal tersebut rupanya membantu meningkatkan fleksibilitas gerakan persendian.

5. Meningkatkan performa tubuh saat berolahraga

Salah satu manfaat kesehatan dari sagu yang cukup menonjol adalah meningkatkan kebugaran tubuh, khususnya saat Anda berolahraga. Sebuah penelitian juga berhasil membuktikan bahwa ketahanan tubuh saat berolahraga meningkat hingga 37 persen.

Lalu, penelitian lain pada tahun 2016 menyatakan bahwa mengonsumsi bubur yang terbuat dari sagu setelah 15 menit bersepeda dapat meningkatkan performa hingga 4 persen. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dari mengonsumsi sagu karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi.

TAG : Kesehatan

Artikel Menarik Lainnya

Komentar