•   September 17
Health

Selain Baik Untuk Dijadikan MPASI, Ikan Bandeng Nyatanya Menyimpan Segudang Manfaat Untuk Tubuh

( words)

Selain Baik Untuk Dijadikan MPASI, Ikan Bandeng Nyatanya Menyimpan Segudang Manfaat Untuk Tubuh

Helo.id - Ikan bandeng atau chanos chanos adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam suku Chanidae (bersama enam genus tambahan yang dilaporkan pernah ada namun sudah punah). Dalam bahasa Bugis dan Makassar dikenal sebagai ikan bolu, dan dalam bahasa Inggris milkfish).

Mereka hidup di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dan cenderung berkawanan di sekitar pesisir dan pulau-pulau dengan terumbu koral. Ikan yang muda dan baru menetas hidup di laut selama 2–3 minggu, lalu berpindah ke rawa-rawa bakau berair payau, dan kadang kala danau-danau berair asin. Bandeng baru kembali ke laut kalau sudah dewasa dan bisa berkembang biak.

Di Indonesia, ikan bandeng sering diolah dengan cara digoreng, dipresto, atau dibakar. Selain itu, ikan bandeng juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Ikan bandeng merupakan sumber protein yang baik. Di dalam 100 gram ikan bandeng, terkandung sekitar 20 gram protein dan beragam nutrisi. 

Ikan bandeng juga mengandung vitamin B serta asam lemak lemak omega-3 (EPA dan DHA). Bahkan, kandungan omega-3 pada ikan bandeng bisa menyaingi salmon, tuna, dan tongkol. Di balik rasanya yang gurih dan lezat, ikan bandeng memiliki beragam manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa manfaat ikan bandeng tersebut yaitu.

1. Mendukung kesehatan dan fungsi otak

Kandungan lemak omega-3, protein, dan antioksidan pada bandeng berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi otak. Berbagai nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta mencegah pikun atau demensia, terutama pada lansia. Selain itu, omega-3 juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dan anak-anak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Selain kesehatan otak, omega-3 adalah jenis lemak baik yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Kandungan omega-3 pada ikan bandeng juga diketahui dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol, serta mengontrol tekanan darah.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi mata

Ikan bandeng mengandung beragam nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Nutrisi tersebut meliputi vitamin A, vitamin B, lutein, dan omega-3. Dengan tercukupinya asupan nutrisi tersebut, fungsi mata Anda akan tetap optimal. Hal ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan pada mata, misalnya katarak dan degenerasi makula.

4. Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Tak hanya susu dan produk olahannya, ikan bandeng juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi serta menurunkan risiko penyakit tulang, seperti rakitis dan osteoporosis. Oleh karena itu, ikan bandeng bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan untuk mendukung fungsi dan kesehatan tulang Anda.

5. Mencegah anemia

Ikan bandeng mengandung vitamin B, folat, dan zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan nutrisi tersebut dapat menyebabkan produksi sel darah merah berkurang, yang kemudian memicu terjadinya anemia.

Oleh karena itu, asupan zat besi dapat Anda cukupi dengan mengonsumsi ikan bandeng atau jenis makanan lain yang juga kaya akan kandungan nutrisi tersebut, seperti daging tanpa lemak dan telur. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan zat besi dengan menggunakan suplemen zat besi sesuai rekomendasi dokter.

6. Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan vitamin A, zat besi, dan protein pada ikan bandeng berperan dalam pembentukan sel imun sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan mampu melawan kuman penyebab penyakit dan Anda pun tidak mudah sakit.

7. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin

Ikan bandeng juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat mendukung tumbuh kembang janin dan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama hamil. Jumlah porsi ikan bandeng yang disarankan bagi ibu hamil adalah 2–3 porsi per minggu.

Ikan bandeng termasuk sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Manfaat ikan bandeng di atas akan lebih maksimal jika Anda mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi lain, seperti buah dan sayuran, serta rutin berolahraga.

TAG : Kesehatan

Artikel Menarik Lainnya

Komentar