•   September 17
Health

Tak Hanya Menjadi Menu Makanan Sehari-hari, Namun Bihun Jagung Juga Mempunyai Banyak Manfaat

( words)

Tak Hanya Menjadi Menu Makanan Sehari-hari, Namun Bihun Jagung Juga Mempunyai Banyak Manfaat

Helo.id - Mi jagung adalah mi yang dibuat dari pati jagung, atau kombinasi pati jagung dan tepung terigu. Tergantung dari proses dan bahan pembuatannya, tekstur dan rasa dari mi ini tidak memiliki perbedaan yang berarti dengan mi dari tepung gandum. Salah satu mi tradisional Korea,  dibuat dari tepung jagung dan umum ditemukan di provinsi Gangwon-do.

Institut Pertanian Bogor mengembangkan mi jagung sejak tahun 2008, dilombakan pada ajang Internasional pada tahun 2009  dan dipublikasikan tahun 2010. Mi ini dikembangkan sebagai substitusi mi gandum. Mi jagung berbahan baku jagung yang diproduksi dalam negeri, sedangkan mi gandum harus dibuat dari terigu yang diimpor.

Sehingga produksi massal mi jagung berpotensi menekan beban devisa Indonesia. Inovasi ini masuk ke dalam Program Riset Unggulan Strategis Nasional Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan oleh Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia dalam menyaingi mi komersial berbahan baku impor. Produk ini memiliki potensi untuk diperkaya dengan nutrisi mikro  dan antioksidan.

Tapi, masih banyak khasiat bihun jagung lainnya yang mungkin belum cukup populer di telinga masyarakat. Bahkan khasiat bihun jagung ini beberapa di antaranya tidak dimiliki oleh sumber karbohidrat lain seperti nasi, roti, atau kentang.

Lalu, sepertii apa sebenarnya khasiat bihun jagung tersebut? Liputan6.com berikut ini telah melansir khasiat bihun jagung yang bisa didapatkan tubuh apabila dikonsumsi secara tepat dan tidak dengan porsi berlebihan, mengingat sebaik-baiknya karbohidrat tetap memilkki gula dan kalori yang bisa merugikan tubuh

1. Menjaga pencernaan

Salah satu khasiat bihun jagung ini mungkin belum terlalu disadari oleh banyak orang, mengingat bentuk tekstur dari bihun tersebut dianggap kurang “berserat”, bahkan tidak jarang yang memandang sebelah mata terhadap khasiat bihun jagung yang satu ini. Padahal di dalam bihun jagung terdapat kandungan serat yang cukup tinggi.

Kandungan serat pada bihun bahkan mampu mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan, seperti sembelit salah satunya. Namun, agar khasiat bihun jagung ini bisa dirasakan dengan maksimal, jangan mengolah bihun jagung dengan cara digoreng, karena kandungan minyak berlebih justru akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti kolesterol dan penyakit jantung.

2. Turunkan berat badan

Khasiat bihun jagung selanjutnya sebenarnya masih berhubungan dengan manfaat pertama. Mengapa begitu? Karena dengan kandungan serat yang ada pada bihun jagung, maka akan memberi dampak berupa rasa kenyang yang lebih cepat. Selain itu, bihun jagung juga tidak memiliki kandungan lemak yang tinggi, serta kandungan karbohidratnya sangat minim pada tiap 100 gram konsumsinya.

Dan apabila ingin mendapat khasiat bihun jagung ini secara efektif, maka Anda bisa mengkombinasikan olahan bihun jagung tersebut dengan tambahan protein dan sayuran, yang pastinya diolah dengan cara tidak digoreng serta minim penggunaan bahan-bahan yang berpotensi memberi tambahan kalori tinggi pada makanan.

3. Mengontrol gula darah

Bihun jagung merupakan jenis sumber karbohidrat yang memiliki kandungan indeks glikemik rendah. Itulah mengapa bihun jagung sangat baik apabila dikonsumsi oleh pasien atau penderita diabetes. Sebab, para penderita diabetes memang sangat tidak dianjurkan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi karena akan menyebabkan gangguan pada gula darah mereka.

Selain itu, berhubungan dengan poin sebelumnya, kandungan indeks glikemik rendah tersebut juga sangat membantu orang-orang yang sedang dalam masa diet penurunan berat badan, karena biasanya jika ingin menurunkan berat badan sangat dianjurkan mengurangi konsumsi gula dan makanan manis.

4. Mencegah tekanan darah tinggi

Jika Anda memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi, maka ada baiknya untuk mencoba konsumsi bihun jagung ini. Sebabnya, bihun jagung merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan sodium sangat rendah.

Seperti yang umumnya diketahui, memang adanya kandungan sodium yang terlalu tinggi akan sangat berbahaya bagi penderita darah tinggi jika mereka mengonsumsinya terlalu berlebihan. Oleh karena itu, coba konsumsi bihun jagung, namun dengan cara mengolah yang minim dengan tambahan garam dan bahan-bahan yang memiliki risiko menaikkan tekanan darah.

5. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi pada bihun jagung sangat berperan aktif dalam mencegah tubuh dari anemia. Memang gangguan kesehatan yang sering dikaitkan dengan kurangnya sel darah merah ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Benar saja, karena ketika anemia maka aliran oksigen ke seluruh organ tubuh akan berkurang. Maka dari itu untuk mencegahnya bisa dengan mengonsumsi bihun jagung.

6. Sumber energi

Khasiat bihun jagung ini memang tidak perlu diragukan lagi, sebab bihun jagung memang memiliki kandungan karbohidrat yang menjadi sumber kalori untuk aktivitas sehari-hari. Bahkan sudah cukup banyak yang sudah mengganti jenis makanan sumber karbohidratnya dengan bihun jagung.

Memang, sudah sewajarnya tubuh akan terasa lemas apabila kekurangan kalori yang dibutuhkan untuk melakukan segala aktivitas fisik. Maka dari itu, konsumsi bihun jagung dengan takaran yang tepat agar kalori harian Anda tercukupi.

TAG : Kesehatan

Artikel Menarik Lainnya

Komentar