•   September 17
Relationship

Darimana Penyebab Ketiadaan Perasaan Secara Emosi Dalam Sebuah Hubungan!

( words)

Sebagai orang dewasa, keterikatan Kamu dengan pasangan romantis mungkin mengikuti pola ini dan cenderung menghindar.

Helo.id - Sejumlah faktor dapat berkontribusi pada ketidaktersediaan emosional. Tidak jarang menemukan lebih dari satu penyebab di jantung masalah ini.

Jika pengasuh Kamu tidak menunjukkan minat pada perasaan Kamu atau menawarkan banyak kasih sayang dan dukungan, Kamu mungkin telah menyerap ini sebagai model hubungan.

Sebagai orang dewasa, keterikatan Kamu dengan pasangan romantis mungkin mengikuti pola ini dan cenderung menghindar.

Keadaan sementara
Ketidaktersediaan emosional juga bisa terjadi sementara. Banyak orang yang hidup dengan kondisi kesehatan mental, seperti depresi, mungkin mengalami kesulitan mempertahankan hubungan emosional dengan orang yang mereka cintai selama gejolak.

Orang lain mungkin ingin fokus pada karier mereka, teman yang mengalami kesulitan, atau hal lain yang tidak terduga.

 

Putus asa kesedihan

Mengalami rasa sakit hubungan dapat membuat sulit untuk menjadi rentan dengan pasangan baru.

Ini terutama benar jika Kamu baru pulih dari:

·        putustidak menyenangkan,

·        perselingkuhan,

·        cinta yangperasaan tak berbalas,

·        hubungan yang beracun atau pelecehan.

Semua ini dapat berkontribusi pada perasaan rendah diri, yang dapat membuatnya semakin sulit untuk mengalami dan berbagi keintiman.

Langkah selanjutnya

Ketidaktersediaan emosional tidak harus permanen. Ini adalah masalah yang kompleks, dan beberapa penyebab mendasar mungkin lebih sulit untuk diatasi daripada yang lain.

Perubahan hanya terjadi ketika seseorang bersedia bekerja untuk menciptakannya, jadi Kamu tidak dapat membuat pasangan yang tidak tersedia secara emosional lebih tersedia.

Apa yang dapat Kamu lakukan adalah mengemukakan tentang perilaku dan menunjukkan, dengan penuh kasih, bagaimana mereka memengaruhi hubungan Kamu.

Dorong mereka untuk berbicara dengan terapis, atau tawarkan untuk pergi ke konseling pasangan bersama. Sementara itu, tawarkan dorongan dan dukungan saat mereka terbuka.

Jika Kamu mencoba untuk menjadi lebih tersedia secara emosional, tips berikut dapat membantu.

Identifikasi penyebabnya

Menjelajahi akar masalah dapat memberi Kamu wawasan tentang cara mengatasi ketidaktersediaan emosional.

Jika Kamu pernah mengalami putus cinta yang tidak menyenangkan, misalnya, Kamu mungkin hanya perlu waktu lebih lama sebelum mencoba untuk kembali dekat dengan seseorang.

Tetapi jika sesuatu yang lebih serius, seperti pengabaian masa kanak-kanak, memengaruhi kemampuan Kamu untuk dekat dengan orang lain, sebaiknya bicarakan dengan terapis. Mengatasi efek trauma atau pelecehan umumnya membutuhkan dukungan profesional.

 

Berlatih membuka diri

Sering kali membantu untuk merasa lebih nyaman mengekspresikan emosi Kamu sendiri sebelum mencoba membaginya dengan pasangan romantis.

Untuk melakukan ini, pertimbangkan ide-ide ini:

·        Buat jurnal perasaan Kamu.

·        Gunakan seni atau musik untuk melatih ekspresi emosional.

·        Bicaralah dengan orang tepercaya, seperti teman dekat atau anggota keluarga, tentang emosi.

·        Bagikan masalah atau kerentanan emosional melalui teks terlebih dahulu.

Pelan-pelan

Setelah Kamu menyadari bahwa Kamu telah menjauh secara emosional, Kamu mungkin ingin segera mulai mengubahnya.

Namun, peningkatan dalam semalam tidak realistis. Kerentanan sejati membutuhkan waktu. Mendorong diri sendiri untuk terbuka sebelum Kamu siap terkadang dapat memicu kesusahan atau ketidaknyamanan.

Kerjakan perubahan kecil sebagai gantinya. Adalah baik untuk mendorong diri Kamu untuk keluar dari zona nyaman Kamu, tetapi Kamu tidak perlu meninggalkannya sepenuhnya.

Libatkan pasangan

Saat Kamu mengeksplorasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap ketidaktersediaan emosional dan berusaha untuk menjadi lebih tersedia, komunikasikan dengan pasangan Kamu tentang apa yang Kamu pelajari.

Jika mereka mengerti mengapa Kamu menarik diri, Kamu mungkin lebih mudah meminta dukungan mereka.

Jelajahi strategi yang bermanfaat bersama-sama, seperti:

·        berbagi emosi dengan meninggalkan catatan satu sama lain

·        tetap terhubung melalui teks saat Kamu membutuhkan ruang fisik

Menghabiskan waktu dengan orang-orang dalam hubungan yang sehat

Ketika ketidaktersediaan emosional berasal dari masalah keterikatan atau pola hubungan yang tidak sehat, ini dapat membantu untuk mempelajari lebih lanjut tentang seperti apa hubungan yang sehat itu.

Salah satu cara untuk mempelajari hubungan yang sehat melibatkan waktu di lapangan. Pikirkan teman atau anggota keluarga dalam hubungan jangka panjang yang kuat, idealnya orang-orang yang menghabiskan banyak waktu dengan Kamu. 

Perhatikan bagaimana mereka berinteraksi dengan pasangannya.

Ini tidak akan memberi Kamu gambaran lengkap, tetapi dapat memberikan beberapa wawasan.

 

Bicaralah dengan terapis

Ketidaktersediaan emosi tidak selalu merupakan sesuatu yang dapat Kamu atasi sendiri, dan tidak apa-apa.

Jika Kamu terus mengalami masalah dengan kerentanan emosional dan merasa tertekan tentang kesulitan yang ditimbulkannya dalam hubungan Kamu, terapis dapat menawarkan bimbingan dan dukungan.

Dalam terapi, Kamu dapat bekerja untuk mengidentifikasi penyebab potensial dan mengambil langkah-langkah untuk mematahkan pola hubungan yang tidak membantu.

Jika Kamu sudah menjalin hubungan, konseling pasangan juga bisa membawa banyak manfaat.

Intinya

Ketidaktersediaan emosional, di kedua sisi, dapat menyebabkan banyak frustrasi dan kesusahan. Tapi itu tidak berarti Kamu harus menyerah pada hubungan Kamu.

Berbicara dengan pasangan Kamu, atau melihat lebih dekat pada perilaku Kamu sendiri, dapat membantu Kamu mulai mengidentifikasi kemungkinan masalah dan mengatasinya secara produktif.

Kesabaran, komunikasi, dan dukungan dari terapis dapat membantu, terutama jika Kamu tampaknya tidak berhasil sendiri. 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar