•   June 13
Ragam

Agar Hari-hari Lebih Berwarna dan Tidak Membosankan, Cobalah Untuk Menerapkan Apa Yang Di Tulis Disini !

( words)

Jadi, jangan biarkan kebiasaan lama menahanmu. Mulailah membangun kebiasaan sederhana namun penting ini untuk kehidupan yang lebih bahagia dan produktif

Helo.id - Sikapmu menentukan ketinggianmu. “Orang sukses tidak hanya melayang ke puncak. Untuk mencapainya membutuhkan tindakan terfokus, disiplin pribadi, dan banyak energi setiap hari untuk mewujudkan sesuatu, ”kata penulis dan pengusaha Amerika Jack Canfield. Dan dia tidak bisa lebih akurat.

Jadi, jangan biarkan kebiasaan lama menahanmu. Mulailah membangun kebiasaan sederhana namun penting ini untuk kehidupan yang lebih bahagia dan produktif:

Ciptakan ritual pagi. Mungkin kamu suka berlari. Atau, mungkin kamu suka bermeditasi atau menikmati sarapan yang sehat. Apa pun yang membuatmu merasa sangat bersemangat, mulailah harimu dengan kebiasaan itu. Membangun ritual pagi yang bermakna membantumu memulai hari dengan nada positif dan proaktif. Memiliki awal yang terstruktur untuk harimu daripada terburu-buru untuk menebus waktu yang hilang juga membantu menghilangkan stres, kelelahan mental, dan meningkatkan produktivitasmu. Tidak tahu harus mulai dari mana? Lihat ritual pagi beberapa orang paling sukses untuk mendapatkan inspirasi!

Ikuti aturan 80/20. Prinsip Pareto atau aturan 80/20 berarti bahwa dalam situasi apa pun, 20% tugas menghasilkan 80% hasil. Jadi, kamu dapat memaksimalkan produktivitas dengan menginvestasikan sebagian besar waktu dan energimu pada tugas-tugas spesifik yang akan menciptakan dampak terbesar. Setelah kamu menyelesaikan tugas tersebut, kamu dapat fokus pada aktivitas lain yang ada di daftar tugasmu.

Baca, baca, baca. Membaca buku adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengetahuan dan merangsang kreativitas. Membaca secara mendalam juga meningkatkan fokus dan memiliki efek menenangkan yang mirip dengan meditasi. Selain itu, membaca sebelum tidur dapat membantumu tidur lebih nyenyak. Buku non-fiksi, khususnya, adalah alat yang sangat baik untuk memperluas wawasan, mengembangkan ide-ide baru, dan mencari motivasi. Selain itu, mereka juga menawarkan saran yang dapat ditindaklanjuti tentang cara mengatasi semua jenis situasi yang menantang melalui contoh kehidupan nyata.

Belajar singletask. Hanya 2% orang di dunia yang berhasil melakukan banyak tugas sekaligus. Meskipun tidak ada salahnya melakukan multitasking sesekali, juggling yang terus menerus antar tugas membatasi fokusmu dan berkontribusi pada kekacauan mental dengan mempersulit otakmu untuk menyaring informasi yang tidak relevan. Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Stanford University, multitasking yang berat menurunkan efisiensi dan dapat mengganggu kontrol kognitifmu. Inilah sebabnya mengapa kamu harus mencoba melakukan tugas tunggal sebanyak mungkin. Buat daftar hal-hal yang perlu kamu capai dalam sehari. Mulailah dengan apa yang paling penting dan turunkan daftar, selesaikan tugas satu per satu.

Lebih menghargai. Novelis Prancis Jean-Baptiste Alphonse Karr pernah berkata, "kita dapat mengeluh karena semak mawar memiliki duri, atau bersukacita karena duri memiliki mawar." Sangat mudah untuk terjebak dalam perlombaan tikus dan melupakan betapa beruntungnya kamu. Mempraktikkan rasa syukur adalah cara yang bagus untuk menciptakan kepositifan, mengurangi stres, dan meningkatkan Kesehatan fisikmu. Bagaimana kamu dapat mengembangkan kebiasaan sehat ini? Mulailah membuat jurnal rasa syukur, menjadi sukarelawan, luangkan waktu untuk menghargai orang yang kamu cintai dan ingatkan dirimu setidaknya satu hal yang kamu syukuri setiap hari sebelum tidur. Semakin kamu menghargai kesenangan kecil dalam hidup, kamu akan semakin bahagia.

Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif. “kamu adalah rata-rata dari lima orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersamamu,” kata penulis dan pengusaha Amerika Jim Rohn. Inilah mengapa kamu harus mempertimbangkan dengan baik dengan siapa kamu menghabiskan waktu. Lepaskan hubungan yang menjatuhkanmu alih-alih mengangkatmu. Dan habiskan waktu dengan orang-orang yang tahu bagaimana memelihara dan berbagi kebahagiaan. Karena kebahagiaan itu menular, itu salah satu cara termudah untuk menciptakan kepositifan dalam hidupmu.

Luangkan waktu untuk berolahraga. Selain meningkatkan kesehatan fisikmu, berolahraga secara teratur memompa kreativitas dan meningkatkan keterampilan kognitifmu. Ini juga cara yang efektif untuk membangun ketahanan dan mendapatkan energi. Dan jika kamu masih belum yakin, berolahraga juga meningkatkan mood dengan meningkatkan produksi endorfin - hormon yang bertindak sebagai antidepresan alami. Masih butuh lebih banyak alasan untuk pergi ke gym?

Kuasai seni mendengarkan. Komunikasi yang efektif sangat penting dalam mengembangkan hubungan pribadi dan profesional. Dan mendengarkan adalah pusat komunikasi. Perhatikan apa yang orang lain katakan. Ini tidak hanya akan membuat orang lain merasa dihargai tetapi juga akan membantumu memahami mereka dengan lebih baik dan mendapatkan perspektif baru. Jangan mencoba memonopoli percakapan atau memalsukan perhatian saat pikiranmusibuk memikirkan pizza apa yang harus kamu pesan untuk makan malam. Dengarkan apa yang mereka katakan dan apa yang mereka maksud dan catat juga isyarat non-verbal. Semakin banyak kamu mendengarkan, semakin banyak kamu akan belajar. Berikut panduan praktis yang dapat membantumu menjadi pendengar yang baik.

Lakukan detoksifikasi media sosial. Dunia digital telah mengambil alih hampir setiap aspek kehidupan kita. Rata-rata orang memiliki lima akun media sosial dan menghabiskan setidaknya 1 jam 40 menit setiap hari untuk mengecek media sosial. Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang kamu habiskan di situs media sosial, semakin besar kemungkinan kamu mengalami depresi. Luangkan waktu untuk mengurangi penggunaan media sosial untuk mengurangi stres dan kekacauan mental. Matikan ponsel dan laptopmu selama beberapa jam setiap hari untuk meningkatkan suasana hatimu dan terhubung kembali dengan dunia di sekitarmu.

Investasikan dalam perawatan diri. Meluangkan waktu untuk bersantai dapat bermanfaat bagi suasana hati, kesehatan mental, dan harga dirimu. Lakukan setidaknya satu hal setiap hari yang membuatmu merasa baik. Dengarkan musik, pelajari keterampilan baru, mandi busa yang lama, atau menyiapkan makanan yang enak. Apapun yang mengapung perahumu!

Mengembangkan kebiasaan ini membutuhkan tekad, banyak sekali kesabaran dan usaha terus-menerus. Mungkin hanya perlu beberapa minggu atau mungkin lebih dari satu tahun, tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun kebiasaan tersebut selama kamu tidak menyerah.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar